UPT PSC 119 Optimalkan Layanan Kesehatan Masyarakat Kota Magelang

25 Januari 2022

Comments

KOTA MAGELANG – Kota Magelang kini memiliki UPT PSC 119 yang mewadahi semua layanan kesehatan pra rumah sakit bagi masyarakat agar lebih optimal. Layanan tersebut meliputi layanan Jemput Sakit Antar Sehar, Layanan Si Amor, Layanan homecare maupun layanan pra fasilitas kesehatan lainnya.

Peresmian UPT PSC 119 dilaksanakan bersamaan dengan apel pagi karyawan di halaman belakang kantor Pemerintah Kota Magelang, Selasa (25/1/2022). Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis ambulans layanan kesehatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Magelang Nasrudin menjelaskan,layanan Jemput Sakit Antar Sehat merupakan salah satu program unggulan Wali Kota Magelang bidang kesehatan yang dilaksanakan atau diampu oleh PSC 119.

Konsep awal PSC 119 sebagai pemberi layanan kegawatdaruratan medik pra rumah sakit, artinya bahwa PSC 119 Magelang Emergency service ini hanya memberikan layanan pada kondisi yang mengancam jiwa yang bila tidak segera tertangani meyebabkan kematian.

Namun dengan adanya program layanan Jemput Sakit Antar Sehat ini dapat dikembangkan bukan hanya pelayanan emergency saja, namun juga layanan antar jemput pasien kontrol rutin maupun antar pasien lepas rawat dari rumah sakit.

Kemudian, layanan Siaga Among Raga (Si Amor) memfasilitasi layanan bagi para lansia yang membutuhkan kontrol rutin ke rumah sakit dengan menjemput, mendampingi selama proses pemeriksaan dan mengantarnya kembali sampai kerumah.

Ambulans layanan kesehatan yang baru.

“Layanan ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis untuk masyarakat yang berada di Kota Magelang,” tandas Nasrudin.

Adapun UPT PSC 119 diperkuat sumber daya manusia (SDM) sebanyak 25 orang yang dibagi dalam 3 shift jaga, terdiri dari 1 orang dokter, 12 perawat, 3 call center dan 9 orang driver.

Adapun sarana yang dimiliki saat ini berupa 2 unit mobil ambulans sebagai modal awal PSC 119 Kota Magelang.

“Alhamdulillah saat ini kami mendapatkan tambahan 1 unit ambulans dengan standar gawat darurat, 2 unit ambulans transport yang kita gunakan untuk layanan Jemput Sakit Antar Sehat dan layanan Si Amor, serta 1 unit mobil jenazah,” papar Nasrudin.

Dikatakan Nasrudin, kepala UPT PSC 119 dan Kepala Sub Bagian TU saat ini masih dijabat oleh Pelaksanan tugas (Plt). Oleh karena itu pihaknya berharap jabatan tersebut segera didefinitifkan supaya lebih fokus dalam pelayanan.

Dia mengakui, sejauh ini belum semua peralatan standar ada di dalam ambulans, namun pihaknya berupaya agar segera terpenuhi sehingga pelayanan masyarakat semakin maksimal.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz (Dokter Aziz) mengungkapkan, keberadaan UPT PSC 119 ini merupakan salah satu kebaikan kepada masyarakat. UPT ini akan semakin luas apa yang bisa diberikan kepada masyarakat Kota Magelang.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz (Dokter Aziz) saat memberikan kunci mobil secara simbolis.

“Keberadaan UPT PSC 119 ini menandakan penanganan kegawatdaruratan di Kota Magelang lebih baik dan lebih paripura. Layanan Jemput Sakit Antar Sehat juga menjadi lebih baik, kita bisa kerjasama dengan Polres Magelang Kota, swasta dan instansi lain,” tutur Dokter Aziz.

Kepolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin menambahkan, keberadaan UPT PSC 119 ini merupakan inovasi Pemkot Magelang dalam memberikan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan.

“Ini luar biasa, belum tentu di daerah lain memiliki layanan seperti ini,” imbuh Asep. (pemkotmgl)

Siaran Pers No: 481.5/18/1/133/2022

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

KOTA SINGKAWANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang belajar tentang toleransi dan kerukunan antar-umat beragama di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Senin (30/1/2023). Kota Singkawang dipilih menjadi daerah tujuan karena kota ini dinobatkan sebagai Kota Toleran...

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *