PMI Kota Magelang Kirim Bantuan Ke Korban Erupsi Semeru

6 Desember 2021

Comments

KOTA MAGELANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang mengirimkan bantuan kepada warga terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Bantuan berupa 1 ton beras, 5000 pcs masker, dan 5 sukarelawan itu dikirim ke lokasi bencana bersama dengan PMI dari kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Secara simbolis bantuan dilepas Wali Kota Magelang, dr Muhammad Nur Aziz dan Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono di Pendopo Pengabdian kompleks rumjab Wali Kota Magelabg, Senin (6/12/2021).

Bantuan ini terlebih dahulu berangkan ke Semarang untuk bersama-sama dilepas ke Lumajang oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Hari ini saya bangga sekali, karena PMI langsung bergerak cepat menjadi penggerak kemanusiaan di Kota Magelang. Ini wujud persaudaraan sebangsa setanah air yang harus kita pupuk terus dan dikuatkan,” ujar Dokter Aziz di sela-sela kegiatan.

Menurutnya, Pemkot Magelang merasa terbantu dengan PMI yang sudah menjadi motor penggerak kemanusiaan ini. Ia pun menilai, adanya musibah di Lumajang menjadi pelajaran bagi siapa saja, termasuk para pemimpin.

“Kita belajar banyak, ternyata musibah di Lumajang itu mendadak. Kepemimpinan kita juga diuji, saya bersama Pak Wakil dan Pak Sekda diuji, kalau kita amanah Insya Allah akan dijauhkan dari ujian berupa musibah. Jangan sampai kita terkena musibah,” katanya.

Dia pun meminta kepada relawan yang dikirim ke Lumajang untuk kuat selama bertugas. Menurutnya, akan ada banyak godaan di lokasi musibah, misalnya kalau bantuan sudah banyak dan menumpuk, maka masyarakat akan menjadi ketergantungan.

“Saya pernah jadi relawan di Aceh yang terkena musibah luar biasa. Banyak sekali godaannya. Tapi, kita harus niatkan menolong sesama karena Allah SWT,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono mengemukakan, pihaknya bergabung dengan PMI di seluruh Jawa Tengah untuk bersama-sama berangkat ke Lumajang. Untuk sementara bantuan memang berupa beras 1 ton dan 5000 pcs masker serta 5 relawan.

“Kita akan lihat situasi dan kondisi di Lumajang nanti seperti apa untuk menentukan bantuan jenis apa lagi nanti. Namun, PMI dari daerah lain sudah ada yang memberikan bantuan jenis lain, seperti sayuran, selimut, bahkan kasur,” paparnya. (pemkotmgl)

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

KOTA SINGKAWANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang belajar tentang toleransi dan kerukunan antar-umat beragama di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Senin (30/1/2023). Kota Singkawang dipilih menjadi daerah tujuan karena kota ini dinobatkan sebagai Kota Toleran...

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *