“Plaza Tani” Wadah Petani dan Peternak Kota Magelang Pasarkan Produk

23 September 2022

Comments

KOTA MAGELANG – Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang menyelenggarakan Plaza Tani untuk mewadahi dan menfasilitasi para binaan dalam memasarkan produk-produknya kepada masyarakat luar. Tidak hanya produk pangan, di Plaza Tani juga dipamerkan produk-produk pertanian, tanaman hias hingga ternak.

Ada 25 binaan Disperpa Kota Magelang yang mengikuti Plaza Tani, meliputi kelompok tani, kelompok P2L, komunitas anggrek, komunitas Aglonema, komunitas tanaman Sukulen, komunitas kelinci (Republik Terwelu), kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) dan kelompok pengolah dan pemasar ikan (Poklahsar).

Selain itu, ada juga beberapa aneka sayuran, beras, saprodi pertanian, ternak kelinci, daging ayam, telur, ikan segar dan olahan ikan.

“Melalui Plaza Tani ini, pemerintah ingin menumbuhkan jiwa usaha dalam bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan serta Bidang Ketahanan Pangan, serta memberikan ruang bagi para binaan untuk saling memotivasi, belajar dan tukar pengalaman dalam hal usahanya,” jelas Kepala Disperpa Eri Widyo Saptoko pada acara Grand Opening Plaza Tani, di Disperpa Kota Magelang, Jumat (23/9/2022).

Eri menyebutkan, Plaza Tani telah dibuka sebelumnya (soft opening) tanggal 2 September 2022, dan berlanjut setiap Jumat pada 9 dan 16 September 2022. Pada saat pembukaan, omset penjualan mencapai Rp 4,9 juta. Omset meningkat pada hari berikutnya menjadi Rp 7,2 juta dan Rp 8.6 juta.

“Selanjutnya kegiatan Plaza Tani ini akan dilaksanakan setiap hari Jumat dari jam 07.00 – 11.00 WIB. Kami harapkan kegiatan dapat menjadi momentum peningkatan kemandirian dan ketahanan pangan Kota Magelang,” imbuh Eri.

Eri menyatakan, pihaknya berkomitmen memberikan kontribusi lebih untuk kemudahan pemasaran hasil segar maupun olahan pertanian, peternakan dan perikanan yang dihasilkan binaannya.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz mengapresiasi Plaza Tani tersebut sebagai sebuah inovasi di bidang pertanian dan ketahanan pangan di Kota Magelang. Harapan ke depan, kegiatan ini tidak hanya dimanfaatkan warga setempat, tapi juga daerah lain.

“Ini baik, menjadi salah satu pembuka atau display usaha di Kota Magelang oleh warga Kota Magelang. Harapannya tidak hanya warga Kota Magelang saja yang membeli tapi juga warga sekitarnya. Produk yang didisplay juga semakin baik, berbeda dengan daerah lain. Kita dorong agar semakin besar,” ujar Dokter Aziz didampingi Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur.

Pihaknya mengakui, target omset event ini masih belum besar, akan tetapi optimistis omset akan meningkat jika melibatkan peserta dari luar daerah dan jumlah produk yang lebih banyak.

“Kita dorong terus supaya jangan berhenti. Setidaknya untuk mencukupi kebutuhan sendiri dulu, yang pasti ketahanan pangan kita harus kuat,” tandas Dokter Aziz.

Sebagai informasi, kegiatan ini juga dikaitkan dengan Hari Tani Nasional yang diperingati setiap tanggal 24 September.(pemkotmgl)

Siaran Pers No: 481.5/17/9/133/2022

KPU Kota Magelang Lantik Anggota PPS Untuk Pemilu 2024

KPU Kota Magelang Lantik Anggota PPS Untuk Pemilu 2024

KOTA MAGELANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 di Gedung Wanita Kota Magelang, Selasa (21/1/12023). Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono turut hadir pada kegiatan tersebut....

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *