Perayaan Paskah Momentum Menjaga Iklim Toleransi di Kota Magelang

17 April 2022

Comments

KOTA MAGELANG – Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menghadiri perayaan Paskah tahun 2022 di Gereja Santa Maria Fatima, Magelang Utara, Kota Magelang, Minggu (17/4/2022). Perayaan dihadiri Kepala Kemenag Kota Magelang Sofia Nur, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Magelang dan segenap umat Katolik.

Dokter Aziz menyampaikan pada momentum perayaan Paskah tahun ini, pihaknya berharap seluruh umat, khususnya umat Katolik Kota Magelang semakin maju dan kuat membangun kebersamaan dengan semua elemen bangsa dalam menjaga persatuan dan memajukan pembangunan bagi kemaslahatan.

Menurutnya, sudah sepatutnya setiap umat beragama berkontribusi dalam menjaga stabilitas dan kondusifitas serta iklim toleransi di Kota Magelang, dengan cara memelihara toleransi antar umat beragama.

Dikatakan, terciptanya kerukunan hidup umat beragama yang penuh toleransi, tenggang rasa, dan harmonis dalam kehidupan kemasyarakatan, menjadi prakondisi yang sangat dibutuhkan untuk kelancaran akselerasi pembangunan, akselerasi peningkatan kesejahteraan dan kualitas pelayanan publik.

“Pada kesempatan ini, saya sampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kontribusi umat Katolik Kota Magelang di segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara khususnya dalam memperkuat persatuan dan kesatuan sebagai pondasi untuk membangun kota ini,” terang dokter Aziz.

Dia juga mengharapkan kepada umat Katolik agar dapat merefleksikan kasih Tuhan dalam kehidupan sehari-hari, dan senantiasa membawa damai sejahtera serta mampu membangun semangat kebersamaan dan toleransi di antara pemeluk agama yang berbeda.

“Secara pribadi, maupun kelembagaan saya berharap agar pertemuan ini menjadi momen silaturahmi kebersamaan antara Pemkot Magelang dengan umat Katolik,” ujarnya.

Dokter Aziz menggaris bawahi beberapa poin yang harus diperhatikan oleh umat Katolik, dan masyarakat pada umumnya agar senantiasa menjalin komunikasi yang baik, saling asah, asih, asuh, bersama-sama mengantar Kota Magelang ke arah yang lebih baik.

“Mari kita sebarluaskan visi mewujudkan Kota Magelang yang maju, sehat, dan bahagia agar dikenal dan dihayati oleh seluruh masyarakat,” pesannya.

Lebih lanjut, meskipun saat ini kondisi Covid-19 sudah mulai melandai, pihaknya berharap agar umat Katolik Kota Magelang terus melaksanakan dan menebar pesan untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan, termasuk juga menyosialisasikan pentingnya vaksinasi Covid-19.

Ketua Panitia Perayaan Paskah Gereja Santa Maria Fatima, Theresia Anny Purwowiyanti menerangkan, perayaan Paskah kali ini merupakan rangkaian kegiatan yang sudah diadakan sejak 40 hari yang lalu.

Kegiatan itu diantaranya, Rabu Abu yang dilanjutkan misa perayaan Sabtu dan Minggu Palma, Kamis Putih, Visualisasi Jalan Salib, Jumat Agung, Vigili Paskah dan hari ini misa Minggu Paskah.

“Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan lomba mewarnai dan melukis telur Paskah tingkat TK – SD,” jelas Theresia.

Pihaknya berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam menyelenggarakan perayaan Paskah tahun ini sehingga berjalan lancar. Demikian juga peran Keuskupan Agung Semarang yang mengizinkan penyelenggarakan Paskah secara offline.

“Terimakasih kepada Pemkot Magelang yang sudah menangani pandemi Covid-19, saat ini mulai turun sehingga kita bisa melaksanakan Paskah offline,” tuturnya. (pemkotmgl).

Siaran Pers No: 481.5/10/04/133/2022

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

KOTA SINGKAWANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang belajar tentang toleransi dan kerukunan antar-umat beragama di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Senin (30/1/2023). Kota Singkawang dipilih menjadi daerah tujuan karena kota ini dinobatkan sebagai Kota Toleran...

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *