Pemkot Magelang Gandeng Bank Jateng, Untidar dan Yayasan Pinbuk Bentuk Koperasi Pemberdayaan Masyarakat

11 Maret 2022

Comments

KOTA MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang bersama Bank Jateng, LPPM-PMP Untidar, dan Yayasan Pinbuk (Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil) Indonesia, membentuk koperasi pemberdayaan masyarakat. Kerjasama ini merupakan salah satu upaya penanganan masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dan pengentasan kemiskinan.

Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz mengatakan, pihaknya menunjuk dinas terkait, seperti Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk menjalankan kerja sama tersebut.

“Sasaran kita tentu mengangkat warga miskin, apalagi yang terdampak pandemi Covid-19. Kita kerja sama dengan Bank Jateng, LPPM-PMP Untidar, dan Pinbuk guna menjalankan program pemberdayaan tersebut,” jelas Dokter Aziz, di kantornya, Jumat (11/3/2022).

Menurutnya, pemberdayaan masyarakat diperlukan dalam rangka mengentaskan kemiskinan, khususnya bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 yang memiliki semangat berwirausaha.

Program kerjasama yang diharapkan terealisasi pada April 2022 ini murni menggunakan dana CSR Bank Jateng senilai sekitar Rp 1 miliar.

“Anggaran CSR Bank Jateng senilai kurang lebih Rp 1 miliar untuk program pemberdayaan ini. Warga miskin terdampak pandemi yang ingin berwirausaha bisa kita modali dan dilatih atau didampingi agar usahanya berkembang,” katanya.

Program ini, sejalan dengan salah satu program unggulannya, yakni Magelang Keren (Kelurahan Entrepreneurship Center) atau 1.500 start up baru. Dengan adanya program pemberdayaan masyarakat dan CSR dari Bank Jateng ini diharapkan muncul wirausaha-wirausaha baru di masyarakat.

Sementara itu, Ketua LPPM-PMP Untidar, Eny Boedi Orbawati menjelaskan, pihaknya akan berperan pada proses pendampingan dan menyeleksi calon pendampingnya.

“Dari pihak Untidar akan lakukan pemetaan sosial, seleksi dan rekrutmen pengelola koperasi, pelatihan-pelatihan UMKM, dan pendampingan UMKM,” paparnya.

Terkait kerjasama dengan Pinbuk, lanjut Eny, Pinbuk akan membantu pembentukan Koperasi Pemberdayaan Masyarakat di Kota Magelang. Pinbuk akan mendampingi pendirian koperasi, pelatihan pendamping program, pengurus, dan pengelola serta pengadaan infrastruktur.

“Sasaran program adalah warga miskin, utamanya yang mau berwirausaha. Kita seleksi pendampingnya dan lakukan pendampingan pada usaha tersebut. Kita berikan pelatihan dan edukasi terkait programnya,” jelasnya.

Target besar dari program ini, imbuhnya, adalah turunnya angka kemiskinan sesuai dengan amanah di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Magelang. (pemkotmgl)

Siaran Pers No: 481.5/12/3/133/2022

239 PNS Pemkot Magelang Naik Pangkat

239 PNS Pemkot Magelang Naik Pangkat

KOTA MAGELANG - Sebanyak 239 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) menerima SK Kenaikan Pangkat dari Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz pada apel pagi di halaman belakang kantor Pemkot Magelang, Kamis (28/3/2024). Dokter Aziz mengatakan kenaikan pangkat adalah...

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *