Pemkot Magelang dan Kitabisa.com Salurkan Bantuan dan Edukasi Hidup Sehat Untuk Lansia

21 Desember 2022

Comments

KOTA MAGELANG – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang berkolaborasi dengan Yayasan Sandal Jepitan Bareng dan kitabisa.com memberikan bantuan serta edukasi/penyuluhan bagi masyarakat lanjut usia dan anggota keluarga pra sejahtera. Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Pengabdian kompleks rumjab Wali Kota Magelang, Selasa (20/12/2022)

Kepala Dinsos Kota Magelang Bambang Nuryanta menjelaskan, kegiatan ini meliputi pemberian edukasi kepada masyarakat pra sejahtera/dhuafa seputar makanan bergizi dan pola hidup sehat dan pemberian bantuan sembako.

“Tujuannya juga untuk memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat pra sejahtera dhuafa tentang pentingnya gizi seimbang dan pola hidup sehat di usia senja,” terang Bambang disela-sela kegiatan.

Sasaran kegiatan sebanyak 200 orang, terdiri dari 100 orang lansia keluarga pra sejahtera dan 100 orang pendamping pendamping/anggota keluarga lanjut usia pra sejahtera. Adapun bantuan paket sembako yang diterima masing-masing berisi beras, minyak goreng, gula pasir, telur, susu, dan sebagainya.

“Bantuan yang kami berikan, selain dari APBD juga dari para donatur seperti Yayasan Sandal Jepitan Bareng dan kitabisa.com. Harapannya kegiatan ini bisa kontinyu dilaksanakan di masa yang akan datang,” terang Bambang.

Sebagai informasi, kegiatan ini sekaligus dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial yang diperingati setiap tanggal 20 Desember. Pemberian bantuan merupakan bagian dari tugas Dinsos sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Sasarannya antara lain lansia, penyandang disabilitas, kaum dhuafa dan lainnya.

“Saat ini tercatat ada 22.000 KK yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sejak tahun 2015. Kami masih survei apakah data tersebut layak atau tidak layak diberi bantuan,” imbuh Bambang.

Perwakilan dari kitabisa.com, Astri menerangkan, kitabisa.com merupakan platform penggalangan dana yang ada di Indonesia sejak 2013. Saat ini sudah ada lebih dari 6 juta orang baik yang telah menyalurkan bantuan kepada 100.000 galang dana yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Beberapa tahun belakangan kitabisa.com sudah hadir di seluruh kota dan provinsi di Indonesia, salah satunya di Magelang, Jawa Tengah. Dalam perjalanannya kami berkolaborasi dengan berbagai yayasan dan komunitas, juga dengan Pemkot Magelang,” terang Astri.

Lebih lanjut, acara ini wujud nyata gotong royong dari warga untuk warga. Pihaknya mengapresiasi sleuruh pihak yang terlibat dalam acara ini dan diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi masyarakat dan berkelanjutan.

Sementara itu, Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menyampaikan rasa terimakasih kepada tim kitabisa.com dan Yayasan Sandal Jepitan Bareng yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat lansia keluarga pra sejahtera di wilayahnya.

“Panjenengan (penerima bantuan) beruntung, tidak semua lansia beruntung, akan lebih beruntung jika sebagian bantuan ini juga diberikan kepada tetangga panjengan yang membutuhkan. Ini wujud syukur dan meredam rasa iri,” ungkap Dokter Aziz.

Dikatakan Dokter Aziz, manusia yang paling baik adalah manusia yang memberi manfaat baik bagi orang lain. Berbuat baik tidak harus menjadi pejabat maupun jadi orang kaya. (pemkotmgl)

Siaran Pers No: 481.5/18/12/133/2022

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

KOTA SINGKAWANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang belajar tentang toleransi dan kerukunan antar-umat beragama di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Senin (30/1/2023). Kota Singkawang dipilih menjadi daerah tujuan karena kota ini dinobatkan sebagai Kota Toleran...

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *