(Catatan Redaksi) Kesederhanaan Penuh Makna Logo Hari Jadi ke-1.115 Kota Magelang

10 April 2021

Comments

KOTA MAGELANG – Kota Magelang berusia 1.115 tahun tepat pada 11 April 2021. Tahun ini pula, terjadi masa transisi kepemimpinan kepala daerah di Kota Sejuta Bunga ini. Di saat bersamaan, pandemi Covid-19 yang melanda global sejak setahun lalu, belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

Atas situasi ini, Pemerintah Kota Magelang merelakan pagelaran rangkaian event Hari Jadi ke-1115 Kota Magelang diadakan tidak segemerlap tahun-tahun sebelumnya. Sejumlah agenda Hari Jadi digelar sederhana tanpa mengurangi suka cita dan makna yang terkandung.

Demikian pula dengan tampilan desain logo Hari Jadi Ke-1115 Kota Magelang yang dirancang dengan bentuk sederhana dan mudah dipahami. Hari Jadi tahun ini dituangkan dalam rangkaian angka yang dirancang secara grafis.

Angka 111 dirancang sebagai penyederhanaan bentukan kibaran bendera warna-warni yang menggambarkan suasana dinamis, ceria, suka cita dan bahagia. Sedangkan angka 5 dibentuk dengan bentukan setengah lingkaran yang dihiasi dengan bentukan pita panjang diatasnya.

Rangkaian bendera di atas angka 1 dan pita di atas lengkungan yang menggambarkan angka 5, kesemuanya membentuk sudut 21°, sebagai gambaran tahun 2021. Dengan arah kemiringan yang sama melambangkan adanya keberlanjutan kebijakan dimasa transisi kepemimpinan ini. Selain itu, kesamaan arah, juga sebagai gambaran dari kesamaan langkah dari semua unsur dalam mencapai tujuan pembangunan di Kota Magelang.

Dipadukan dengan warna-warni diangka, bendera dan pita, simbol itu menggambarkan suasana ceria, suka cita, dan bahagia. Konfigurasi angka 1115, yang membentuk kesatuan image ke arah kanan semakin meninggi, menggambarkan perkembangan atau progres untuk mencapai target yang lebih tinggi, sehingga menjadi lebih maju.

Simbol Kota Magelang sendiri diwakili bentuk salah satu ikon, yaitu Patung Pangeran Diponegoro yang ditampilan secara grafis. Image Patung Pangeran Diponegoro dibentuk oleh rangkaian lingkaran warna hijau, yang semakin melebar kearah luar. Atau semakin ‘fokus’ ke arah dalam, yang melambangkan bahwa jajaran perangkat daerah di Pemkot Magelang selalu fokus mengawal capaian visi dan misi kepala daerah. Selain itu,juga tetap fokus pada penanganan pandemi Covid-19.

Dengan demikian, secara keseluruhan, logo Peringatan Hari Jadi Kota Magelang Tahun 2021 digambarkan dengan suasana ceria, penuh suka cita merupakan wujud masyarakat yang bahagia. Disisi lain, meskipun terjadi masa transisi kepemimpinan kepala daerah, namun tetap ada keberlanjutan dan keselarasan yang berujung pada keharmonisan.

Kota Magelang akan terus bergerak, dinamis, lebih baik dan menjadi maju. Maju dalam tampilan fisik kota dan lebih baik dalam pelayanan kepada masyarakat. Segenap jajaran pemerintah Kota Magelang juga tetap fokus dalam mencapai target yang ditetapkan dan berkomitmen memerangi pandemi Covid-19 agar kota tercinta ini segera beralih masuk kategori zona hijau, yang berarti masyarakat menjadi lebih sehat.

Selamat Hari Jadi Ke-1115 Kota Magelang.

Redaksi
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Magelang

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

KOTA SINGKAWANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang belajar tentang toleransi dan kerukunan antar-umat beragama di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Senin (30/1/2023). Kota Singkawang dipilih menjadi daerah tujuan karena kota ini dinobatkan sebagai Kota Toleran...

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *