Jajaran BUMD Kota Magelang Harus Inovatif

4 November 2020

Comments

MAGELANG – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) memiliki andil besar dalam kemajuan pembangunan Kota Magelang. Perusahaan milik pemerintah ini menjadi bagian dari pelayanan jasa masyarakat yang diandalkan.

Oleh karena itu, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito meminta jajaran BUMD mengembangkan inovasi dan kreatif.

“Jajaran BUMD harus meningkatkan inovasi, kreatifitas, ikut bantu pimpinan/direktur untuk mencapai visi misi yang dituju,” kata Sigit, pada kegiatan pengarahan BUMD Kota Magelang tahap 2 di Pendopo Pengabdian Magelang, Rabu (4/11/2020).

Sigit berujar, kinerja BUMD harus beriorientasi pada profit/keuntungan guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Maka, pelayanan terbaik untuk pelanggan tidak boleh diabaikan, seperti harus ramah kapada pelanggan apapun kondisinya.

“Pemikiran BUM harus profit oriented, harus untung, jadi melayani pelanggan harus sumeh (senyum) jangan cemberut. Memang persaingan nggak ringan saat ini,” tutur Sigit.

Wali Kota Magelang saat memberikan pengarahan kepada jajaran BUMD Kota Magelang

Lebih lanjut, BUMD juga harus mampu merespon dan menyesuaikan perkembangan Kota Magelang. Dikatakan Sigit, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir kota ini menunjukkan progres yang menggembirakan.

Sigit menyebut, dari sektor ekonomi, Kota Magelang berhasil menata pasar hingga Pedagang Kaki Lima (PKL); sektor kesehatan, ada RSUD Tidar; sektor pendidikan, pemkot Magelang telah menggratiskan sekolah SD sampai SMP dan Universitas Tidar yang berubah status jadi negeri.

Kemudian pembangunan kawasan Gelora Sanden, Kebun Raya Gunung Tidar, dan sebagainya,

“Maka sengaja saya kumpulkan di sini agar jajaran BUMD termotivasi, kinerja meningkat, disiplin. Walaupun kita tahu Kota Magelang ini minim sumber daya alam,” tandas Sigit.

Sebelumnya, Sigit meminta agar dua direktur BUMD yang baru saja dilantik membuat business plan sebelum bekerja. Keduanya adalah Mochamad Haryo Nugroho Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan Dimas Subkhan Direktur Perusahaan Umum Daerah Perbengkelan Prima Oto Kota Magelang.

Pelantikan Dirut PDAM Kota Magelang dan Direktur Perusda Prima Oto

Selain menaruh harapan besar agar peran direktur bisa mendatangkan keuntungan dan meningkatkan PAD, Sigit juga menginginkan agar apa yang menjadi kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan baik.

“Tentunya sebagai nahkoda atau kapten yang memimpin perusahaan, visi dan misi harus jelas, punya target. Selain itu, para pejabat dan jajaran di bawahnya harus bisa nyengkuyung bersama. Jangan rutin-rutin saja,” pinta Sigit. (prokompim/kotamgl)

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

KOTA SINGKAWANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang belajar tentang toleransi dan kerukunan antar-umat beragama di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Senin (30/1/2023). Kota Singkawang dipilih menjadi daerah tujuan karena kota ini dinobatkan sebagai Kota Toleran...

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *