Hari Kesaktian Pancasila 2020 Momentum Bangkit Melawan Covid-19

1 Oktober 2020

Comments

MAGELANG – Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kota Magelang digelar virtual karena pandemi Covid-19. Meski sederhana, upacara berlangsung hikmat dan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Upacara dipimpin langsung secara daring oleh Presiden Joko Widodo di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Peserta upacara Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, Sekretaris Daerah Joko Budiyono dan jajaran Forkompimda Kota Magelang di Pendopo Pengabdian kompleks rumah dinas Wali Kota Magelang, Kamis (1/10/2020).

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menuturkan, bangsa ini sudah diuji dengan berbagai ancaman, tantangan, hambatan, gangguan. Terlebih saat ini sangat diuji dengan pandemi Covid-19 maka peringatan Kesaktian Pancasila tahun ini menjadi momen untuk bangkit.

“Ini jadi momen perjuangan, harus jadi panutan bagi rakyat untuk bangkit, maju, memberi manfaat bagi sesama, bangsa dan negara,” tutur Sigit.

Tahun ini Peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengangkat tema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila”. Upacara diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI, naskah UUDNRI 1945 oleh Ketua DPD RI, pembacaan dan pendandatangan Ikrar oleh Ketua DPR RI.

Dalam ikrar disebutkan bahwa, semangat kebersamaan yang dimiliki bangsa Indonesia, jika dilandasi oleh nilai luhur ideologi Pancasila, dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

Rangkaian upacara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim menyatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momen untuk merefleksi dan mengenal kembali Pancasila sebagai falsafah serta ideologi bangsa, termasuk arti Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Nadiem menambahkan bahwa pelaksanaan seluruh sila dalam Pancasila terlihat jelas selama pandemi dan penanganan efek Covid-19.

“Melalui momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila, bisa dilihat sangat banyak pahlawan Pancasila yang menjalankan aksi kemanusiaan dan berusaha lebih peka dengan lingkungan sekitar,” ujar Nadiem. (prokompim/kotamgl)

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

KOTA SINGKAWANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang belajar tentang toleransi dan kerukunan antar-umat beragama di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Senin (30/1/2023). Kota Singkawang dipilih menjadi daerah tujuan karena kota ini dinobatkan sebagai Kota Toleran...

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *