Duta Wisata Harus Kuasai Potensi Kota Magelang

15 Agustus 2022

Comments

KOTA MAGELANG – Penyelenggaraan Duta Wisata memiliki peran signifikan dalam pembangunan dan promosi pariwisata Kota Magelang. Pembangunan pariwisata sendiri memiliki arti penting ditinjau dari berbagai aspek, diantaranya dari sisi ekonomi yang memberikan kontribusi bagi penerimaan negara.

Hal itu dikatakan Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur pada Pemilihan Duta Wisata Kota Magelang di Hotel Atria Magelang, Minggu (14/8/2022).

Menurutnya, duta wisata memiliki peran sangat penting mempertahankan dan meningkatkan keunggulan sektor pariwisata.

“Sebab penyelenggaraan duta wisata adalah bagian integral dari pembangunan dunia pariwisata serta pelestarian nilai-nilai seni dan budaya nasional. Harapan kita, melalui ajang ini akan terpilih figur muda yang handal dalam mempromosikan kekayaan seni, budaya dan wisata,” ungkap Mansyur.

Dia berpesan, Duta wisata yang terpilih harus menguasai benar potensi dan keunggulan Kota Magelang. Lebih lanjut, di era serba canggih ini Duta Wisata harus memanfaatkan berbagai media untuk menyampaikan informasi berkaitan dengan daya tarik Kota Magelang.

Kemudian, penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris juga sangat penting karena kemampuan komunimasi dengan bahasa asing memungkinkan menjangkau khalayak yang lebih luas tidak terbatas di Indonesia saja.

“Peran yang kedua, duta wisata adalah sebagai cultural representative yang mengemban nama besar budaya daerah yang diwakilinya dimanapun berada. Maka dari itu, penampilan fisik yang menarik saja tidak cukup, harus didukung dengan attitude, sikap dan tata krama yang baik,” paparnya.

Lebih lanjut, katanya, duta wisata Kota Magelang memiliki peran sebagai agent of change, artinya pemenang maupun finalis sebagai putra dan putri terpilih harus menjadi bagian dari perubahan ke arah yang lebih baik, khususnya di kalangan generasi muda.

Dirinya meminta agar para duta wisata menjadi inspirator dan motivator bagi generasi muda lainnya untuk memanfaatkan masa muda ini dengan memberi manfaat kepada sesama, dan lingkungan, mengasah bakat dan potensi, serta mengukir prestasi.

“Maka saya harapkan kepada para finalis duta wisata Kota Magelang tahun 2022, khususnya pemenang terpilih untuk mengimplementasikan berbagai hal yang telah didapatkan pada masa pembekalan,” tutup Mansyur.

Adapun pemenang Duta Wisata untuk kelompok Putra, terpilih sebagai juara pertama Gana Kusuma dari Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM), kedua Davindra Caesar Putranto dari SMAN 4, dan ketiga Agil Yahya dari UMM.

Sedangkan untuk kelompok putri, Primaayu Nihashafa dari Untidar, Jesike Dewi Ramadhani dari Kelurahan Potrobangsan dan Fithriya Nur Hana dari Universitas Negeri Yogyakarta berturut-turut dinobatkan menjadi juara pertama, kedua dan ketiga.(Pemkotmgl)

Siaran Pers No: 481.5/13/8/133/2022

KPU Kota Magelang Lantik Anggota PPS Untuk Pemilu 2024

KPU Kota Magelang Lantik Anggota PPS Untuk Pemilu 2024

KOTA MAGELANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 di Gedung Wanita Kota Magelang, Selasa (21/1/12023). Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono turut hadir pada kegiatan tersebut....

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *