Warga Antusias Ikuti Festival Jagad UMKM dan Kesenian Rakyat Kota Magelang

23 Oktober 2022

Comments

KOTA MAGELANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang menggelar Festival Jagad UMKM dan Kesenian Rakyat Kota Magelang, Sabtu (22/10/2022) di Alun-alun Kota Magelang.

Kegiatan ini sekaligus dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional, Hari Pariwisata Sedunia dan Hari Batik Nasional Tahun 2022.

Masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya antusias mengikuti event ini. Setidaknya ada 110 stand UMKM berbagai jenis, mulai kuliner, kerajinan dan lainnya.

Kepala Disdikbud Kota Magelang Imam Baihaki menjelaskan tujuan Festival Jagad UMKM dan Kesenian Rakyat Kota Magelang adalah untuk meningkatkan kebudayaan dan membangkitkan perekonomian rakyat.

“Kita diharapkan kegiatan ini dapat mendukung dan mengungkit UMKM di Kota Magelang setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Ke depan, pihaknya akan menggelar berbagai macam kegiatan yang melibatkan ribuan peserta, termasuk para pelaku UMKM agar kebudayaan dan perekonomian masyarakat Kota Magelang kembali terangkat.

Pamong Kebudayaan, Disdikbud Kota Magelang, Agus Hartanto, mengatakan kesenian di Kota Magelang diharapkan lebih inovatif, kreatif, serta mampu menggandeng seluruh lapisan masyarakat.

Festival Kesenian Rakyat (FKR) ini menjadi ajang pementasan untuk sanggar-sanggar yang ada di Kota Magelang dan memberikan ruang berekspresi para seniman.

“FKR diharapkan melahirkan karya seni tradisional yang kreatif dengan basis budaya lokal yang dapat memberi sumbangsih bagi perkembangan kesenian lokal di Kota Magelang,” papar Agus.

FKR diikuti oleh 26 peserta. Sembilan di antaranya berasal dari luar daerah seperti Solo, Purworejo, Semarang, Kabupaten Magelang, dan tim ISI Yogyakarta.

Sementara itu Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz berkesempatan hadir pada malam pentas seni yang digelar pada Sabtu (22/10/2022) sekaligus melaunching kendaraan layanan disabilitas dan angkutan ramah berkebutuhan khusus.

Selanjutnya, bersama Pejabat Forkopimda Kota Magelang, Sekretaris Daerah Kota Magelang dan sejumlah Kepala OPD, dokter Aziz meninjau stand UMKM yang ada di area festival. (pemkotmgl)

Siaran Pers No: 481.5/18/10/133/2022

SMAN 1 Sukses Gelar Pameran Edukasi Magelang 2023

SMAN 1 Sukses Gelar Pameran Edukasi Magelang 2023

KOTA MAGELANG - SMA Negeri 1 Kota Magelang menggelar Pameran Edukasi Magelang (PEM) 2023 di Gedung Tri Bhakti Kota Magelang. Pameran ini berisi puluhan tenant yang memberikan informasi seputar perguruan tinggi (PT). Kepala SMAN 1 Kota Magelang Etty Syariah menjelaskan...

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *