Tingkatkan Layanan Pimpinan yang Responsif, Wali Kota Launching Si Luman

12 November 2022

Comments

KOTA MAGELANG – Untuk mewujudkan integrasi dan interkoneksi semua Layanan yang ada pada Bagian Umum Setda Kota Magelang, diluncurkan terobosan Sistem Informasi Layanan Umum dan Pimpinan yang di singkat Si Luman.

Aplikasi Si Luman ini dilaunching Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz di Pendopo Pengabdian, Jumat (11/11/2022). Hadir dalam acara tersebut Pejabat Forkopimda Kota Magelang, Kepala OPD beserta Kasubag Tata Usaha dan Kepegawaian, Perwakilan Instansi/Organisasi Vertikal, Organisasi Masyarakat, dan Organisasi Wanita.

Kepala Bagian Umum Setda Kota Magelang Anita Diah Lestari mengungkapkan, pembangunan sistem informasi ini sebagai salah satu strategi yang dipilih untuk menyelesaikan permasalah utama pada Bagian Umum.

“Si Luman merupakan tool yang akan dipergunakan dalam memperbaiki mekanisme dan tata kerja dalam pemberian layanan pimpinan melalui tata kelola penatausahaan, pengelolaan administrasi dan manajemen layanan yang baik dan terstruktur, efektif, efisien, akuntabel dan responsif menuju Layanan Digital yang Humanis,” jelasnya.

Menurut Anita, pemilihan nama “Si Luman” secara etimologi Jawa berarti dermawan . Sedangkan secara numerologi kata “Luman” menggambarkan kemampuan analistis, memahami, memiliki pengetahuan dan senang belajar. Bisa juga diartikan sebagai jiwa yang penuh energi dan tidak pernah berhenti untuk beristirahat, Secara keseluruhan, hal tersebut menggambarkan Bagian Umum yang senantiasa menjadi agile personil, berusaha meningkatkan kualitas pelayanan serta siap melayani kapan saja dan di mana saja.

Acara ini juga dimanfaatkan untuk untuk memberikan informasi dan sosialiasi terkait aplikasi Si Luman yang akan melengkapi dan menyempurnakan pemberian layanan yang ada pada Bagian Umum Setda Kota Magelang.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk memberikan layanan yang responsif, efektif dan efisien kepada kepada Pimpinan, Perangkat Daerah, Instansi Vertikal dan pengguna jasa layanan Si Luman,” papar Anita.

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengapresiasi prakarsa Bagian Umum Setda Kota Magelang dengan adanya aplikasi Si Luman tersebut. Ia berharap inovasi ini membawa perubahan menuju tata kelola pemerintahan yang responsif dan berkinerja lebih baik.

“Kemampuan adaptif harus menjadi salah satu jati diri ASN. Adaptif erat kaitannya dengan semangat dan kemampuan berinovasi, kreatif serta proaktif menghadapi perubahan,” tutur dokter Aziz.

Kehadiran Si Luman akan memudahkan pengguna layanan untuk mengakses layanan pinjam ruang Adipura, Pendopo Walikota, Ruang Sidang lantai 1 dan Ruang Sidang lantai 2. Selain itu, terdapat layanan pramusaji dan pemakaian sound system.

Dokter Aziz berharap sistem digital ini mempermudah penggunanya dan semakin menekankan pada budaya smart city. Meski sedikit tertinggal dengan kota-kota lain seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung, dirinya menegaskan Kota Magelang bisa lebih maju di bidang teknologi informasi digital.

“Kota Magelang ini kota kecil yang sangat istimewa. Untuk masalah teknologi jangan sampai kita ketinggalan,” ungkapnya.

Untuk itu, dokter Aziz meminta birokrat di jajarannya berbenah dan berkolaborasi dengan berbagai pihak agar terwujud kondusifitas dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Siaran Pers No: 481.5/18/11/133/2022

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *