Satgas Covid-19 Kota Magelang Jemput Bola Vaksin Lansia

7 Juni 2021

Comments

KOTA MAGELANG – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Magelang menargetkan percepatan vaksinasi bagi lansia. Salah satu upaya optimalisasi itu dengan mendatangi langsung rumah para lansia oleh vaksinator.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan, capaian vaksinasi lansia di wilayah setempat masih di bawah target. Sebabnya, banyak warga lansia yang enggan mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) penyedia vaksin.

“Kemungkinan lansia ini karena berbagai faktor dan alasan sehingga enggan mendatangi faskes yang kami sediakan. Jadi, strategi yang kami upayakan adalah jemput bola,” katanya, Senin, (7/6/2021).

Vaksinator lengkap dengan alat pelindung diri (APD) sekaligus peralatan pemeriksaan kesehatan akan mendatangi warga lansia yang sudah menerima undangan vaksinasi. Setelah diperiksa, lansia ini kemudian mendapat suntikan vaksin.

“Perbedaan antara lansia dan masyarakat usia produktif ini adalah rentang waktu dosis pertama dan kedua. Kalau lansia ini biasanya lebih lama, tidak 14 hari,” ujarnya.

Menurut Joko, Satgas Covid-19 Kota Magelang perlu melakukan langkah riil agar target vaksinasi khusus lansia terpenuhi. Untuk diketahui sampai saat ini capaian vaksinasi lansia masih di bawah 60 persen.

“Saya sudah sampaikan ke Dinas Kesehatan Kota Magelang kalau vaksinasi lansia di kita ini belum mencapai 60 persen. Memang agak lambat dibanding dengan vaksinasi masyarakat lainnya. Jadi usaha jemput bola ini diharapkan mampu mencapainya,” ucapnya.

Strategi itu antara lain dengan menganalisa data lansia di masing-masing kelurahan. Berikutnya, tim vaksinator akan mendatangi ke rumah masing-masing lansia.

“Kami juga menjalin kerja sama dengan organisasi pensiunan. Di samping itu, tim vaksinator akan mengedukasi tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan. Supaya walaupun sudah divaksin, mereka tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya. (pemkotmgl)

SMAN 1 Sukses Gelar Pameran Edukasi Magelang 2023

SMAN 1 Sukses Gelar Pameran Edukasi Magelang 2023

KOTA MAGELANG - SMA Negeri 1 Kota Magelang menggelar Pameran Edukasi Magelang (PEM) 2023 di Gedung Tri Bhakti Kota Magelang. Pameran ini berisi puluhan tenant yang memberikan informasi seputar perguruan tinggi (PT). Kepala SMAN 1 Kota Magelang Etty Syariah menjelaskan...

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *