Pemkot Magelang Raih 3 Penghargaan Manajemen ASN dari BKN

7 September 2022

Comments

KOTA MAGELANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang meraih BKN Award 2022 untuk 3 kategori sekaligus. Piagam penghargaan diberikan oleh Wakil Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Supranawa Yusuf kepada Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur di Hotel Atria Magelang, Selasa (6/9/2022).

Ketiga kategori tersebut adalah kategori penilaian kompetensi untuk pemerintah kota tipe kecil, kategori penerapan pemanfaatan data sistem informasi dan Cognitive Abilities Test (CAT) untuk pemerintah kota tipe kecil dan Special Mention Pilot Project Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN).

Penghargaan diberikan disela kegiatan pembinaan kepegawaian kepada ASN Pemkot Magelang. Hadir pula Sekda Kota Magelang Joko Budiyono, didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Isa Ashari dan jajarannya. 

Wakil Wali Kota Magelang M.Mansyur mengungkapkan rasa syukur atas apresiasi dari BKN terhadap manajemen ASN di lingkungan Pemkot Magelang. 

Dijelaskan, penghargaan ini diberikan bagi instansi pemerintah yang dinilai telah berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN, mulai dari aspek pengadaan, proses bisnis kepegawaian, manajemen kinerja, penerapan norma standar prosedur dan kriteria (NSPK) sampai dengan pemanfaatan layanan digital ASN.

“Alhamdullilah, Pemkot Magelang melalui BKPSDM Kota Magelang, sampai saat ini telah meraih 3 penghargaan yang diterima dari BKN,” ungkap Mansyur.

Mansyur memaparkan, penghargaan pertama adalah untuk kategori penilaian kompetensi untuk pemerintah kota tipe kecil. Meskipun saat ini belum memiliki unit/lembaga penilaian kompetensi sendiri, namun Pemkot Magelang dinilai telah melakukan penilaian kompetensi sesuai aturan yang berlaku.

“Penilaian kompetensi yang dimaksud adalah pengembangan kompetensi untuk seluruh pegawai secara bertahap, dalam rangka memenuhi kebutuhan pemetaan pegawai sebagai pelaksanaan sistem manajemen talenta,” terang Mansyur.

Kemudian, peringkat kedua kategori penerapan pemanfaatan data sistem informasi dan CAT untuk pemerintah kota tipe kecil. Menurutnya, Pemkot Magelang dinilai telah melaksanakan penerapan dan pemanfaatan data di Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan penggunaan CAT BKN.

“Pemanfaatan SAPK itu dilakukan Pemkot, baik dalam proses seleksi penerimaan ASN, pemetaan pegawai, maupun ujian kedinasan, melakukan update data dan validasi data secara berkala, serta melakukan percepatan processing data terkait dengan pelayanan kepegawaian (kenaikan pangkat, pengadaan, mutasi dan pensiun),” papar Mansyur.

Selanjutnya adalah Special Mention Pilot Project SIASN, yaitu implementasi layanan kenaikan pangkat melalui penggunaan aplikasi sistem informasi SIASN. Dijelaskan, pada kenaikan pangkat periode 1 April 2022, Pemkot Magelang ditunjuk oleh kantor regional I BKN Yogyakarta sebagai pilot project implementasi layanan kenaikan pangkat melalui penggunaan aplikasi SIASN yang merupakan bagian dari SAPK.

Adapun program ini merupakan bagian dari program digitalisasi pelayanan kepegawaian yang telah dimulai pada periode 1 Oktober 2020.

Sementara itu, Wakil Kepala BKN Supranawa Yusuf menyampaikan apresiasi atas kinerja Pemkot Magelang dalam manajemen ASN sehingga layak menerima penghargaan BKN Award 2022. 

“Penghargaan bukan target akhir, tapi targetnya adalah memberikan pelayanan terbaik baik kepada stakeholder baik internal maupun eksternal,” ucap Supranawa. 

Menurutnya, penghargaan hanya trigger agar instansi bersedia mengimplementasikan seluruh elemen manajemen ASN yang meliputi 18 elemen, diantaranya perencanaan,  kebutuhan rekrutmen, pengembangan karir, dan seterusnya sampai pensiun. (pemkotmgl)

Siaran Pers No: 481.5/5/9/133/2022

KPU Kota Magelang Lantik Anggota PPS Untuk Pemilu 2024

KPU Kota Magelang Lantik Anggota PPS Untuk Pemilu 2024

KOTA MAGELANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 di Gedung Wanita Kota Magelang, Selasa (21/1/12023). Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono turut hadir pada kegiatan tersebut....

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *