Pelaku IKM di Kota Magelang Dapat Achievement Motivation Training

29 Juli 2022

Comments

KOTA MAGELANG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang kembali memberikan pelatihan atau Achievement Motivation Training (AMT) angkatan II kepala pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Hotel Puri Asri Kota Magelang, Jumat (29/07/2022).

Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur selaku narasumber menuturkan, kondisi geografis perkotaan menjadikan pertumbuhan sektor industri kecil di Kota Magelang bertumbuh dengan pesat. Hal ini mengindikasikan bahwa pembinaan Industri Kecil di Kota Magelang cukup potensial untuk dikembangkan.

“Situasi dan kondisi geografis Kota Magelang yang memaksa para pelaku IKM untuk beradaptasi bisa dijadikan motivasi bagi pelaku IKM meningkatkan bisnisnya,” tutur Mansyur.

Menurutnya, kegiatan AMT ini menjadi solusi terbaik bagi para pelaku IKM untuk memberikan pondasi kuat dalam pengembangan diri, terutama dalam meningkatkan motivasi berprestasi para pelaku IKM. Program ini sebagai bentuk pendidikan soft skill.

Melalui metode pelatihan yang akan diberikan harapannya dapat meningkatkan kualitas diri para pelaku IKM dalam mengarahkan tujuan usahanya dengan mengeksplore keseluruhan kapasitas yang ada dalam dirinya.

“Motivasi menjadi kunci penyemangat yang bisa membangkitkan pelaku IKM Kota Magelang “naik kelas”. Motivasi dapat mengubah pola pikir dan membuat para pelaku IKM melakukan tindakan maju yang berpotensi membuahkan hasil yang baik untuk naik kelas,” ucapnya.

Pada pelatihan ini, para peserta dibantu untuk mengenali diri sendiri, mengetahui kelebihan dan kekurangannya sehingga dapat memaksimalkan potensi diri untuk mencapai apa yang inginkan dalam usaha industrinya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan bekerjasama dengan CV. Lima Pilar Inspirasi Indonesia Yogyakarta, yang terdiri dari instruktur-instruktur muda yang kompeten di bidang peningkatan kualitas SDM. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu peserta mengenali potensi dirinya, sebagai modal untuk mengembangkan usahanya masing-masing.

Kepala Bidang Perindustrian Disperindag Kota Magelang Hety Kusumawati menjelaskan, pelaku usaha tidak hanya harus menguasai teknik produksi, tapi juga diharapkan mempunyai motivasi yang tinggi dalam menjalani usaha, dengan demikian halangan atau tantangan apapun dapat kita hadapi dengan percaya diri dan tetap pada tujuan awal.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan fasilitasi yang salah satu program unggulan Magelang KEREN (Magelang Kelurahan Enterpreneurship Center), di mana wujud dari program ini adalah pengembangan daya saing daerah berbasis inovasi dan potensi lokal, yang menyasar pada golongan wirausaha muda.

Para peserta sebelumnya telah diseleksi melalui beberapa sumber data, yakni pendaftar yang merespon flyer pengumuman yang ditayangkan di media sosial Disperindag, melalui penelusuran berdasarkan Buku Direktori Industri Kecil Menengah Kota Magelang, dan tindak lanjut monev peserta pelatihan RKM yang dilaksanakan di Dinas Tenaga Kerja dan DPMP4KB Kota Magelang.

“Kegiatan AMT diselenggarakan untuk menggali potensi diri pelaku IKM, juga untuk mengetahui kekuatan dan kelemahannya sehingga tahu cara untuk memaksimalkan kekuatan yang dimilikinya dan meminimalkan kelemahannya agar menjadi pribadi yang berprestasi.” jelasnya.

Siaran Pers No: 481.5/16/7/133/2022

KPU Kota Magelang Lantik Anggota PPS Untuk Pemilu 2024

KPU Kota Magelang Lantik Anggota PPS Untuk Pemilu 2024

KOTA MAGELANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 di Gedung Wanita Kota Magelang, Selasa (21/1/12023). Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono turut hadir pada kegiatan tersebut....

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *