Kota Magelang Tambah Fasilitas Isoter Pasien Covid-19 di Hotel Safira

21 Februari 2022

Comments

KOTA MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang menambah satu lokasi fasilitas isolasi terpusat (isoter) di Hotel Safira untuk pasien positif Covid-19 tanpa gejala maupun gejala ringan. Penambahan ini seiring dengan peningkatan kasus aktif Covid-19 yang signifikan di Kota Magelang.

Plh Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang dr. Istikomah menjelaskan, sesuai dengan petunjuk saat rapat koordinasi Kementerian Kesehatan, apabila keterisian isoter yang ada sudah lebih dari 50 persen maka Pemkot Magelang harus menyediakan lokasi isoter baru.

“Untuk Hotel Safira, petunjuk dari Rakor evaluasi PPKM Jawa Bali yang dipimpin oleh Menko Marvest tanggal 16 Februari 2022, saat keterisian fasilitas isoter sudah lebih dari 50 persen, sebaiknya disiapkan fasilitas isoter yang lain. Kemarin sempat kapasitas 74 kita sudah isi 70 (di Hotel Borobudur Indah),” terang dr. Istikomah, dalam konferensi pers di kantor Pemkot Magelang, Senin (21/2/2022).

Adapun Hotel Safira memiliki kapasitas 52 kamar, atau 104 tempat tidur. Hotel di Jalan Gatot Soebroto ini sudah buka dan siap menerima pasien Covid-19 mulai Senin, 21 Februari 2022.

“Semuanya sudah siap, tinggal kalau ada yang membutuhkan fasilitas bisa langsung kita layani,” imbuhnya.

Termasuk tenaga kesehatan (relawan nakes) yang berjaga dalam 3 shift, dan pengamanan dari petugas Satpol PP. Pelayanan visitasi dokter, perawat dan petugas promosi kesehatan dari Puskesmas.

Sebagai informasi, syarat pasien Covid-19 yang boleh menjalani isolasi di Hotel Safira antara lain pasien konfirmasi baik antigen maupun PCR positif , KTP/domisili Kota Magelang, ASN/pegawai BUMD di lingkungan Pemkot Magelang. Selain itu, warga luar Kota Magelang juga diperbolehkan tapi yang bersangkungan adalah karyawan Pemkot baik ASN maupun non ASN.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, Sp.PD memaparkan, perkembangan kasus aktif Covid-19 di wilayahnya memang meningkat beberapa waktu terakhir. Data terbaru saat ini ada 98 kasus baru, sehingga secara akumulatif mencapai 523 kasus aktif.

“Pasien di isoter sudah ada 53-an, beberapa diantaranya warga luar Kota Magelang. Dan Hotel Safira sudah dibuka mulai hari ini,” sebut Dokter Aziz.

Dokter Aziz mengimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan prokes pencegahan Covid-19 sebagai ikhtiar penanganan pandemi, meningkatkan imunitas, makan makanan bergizi, dan istirahat cukup.

Walaupun demikian Dokter Aziz berpandangan kasus Covid-19 saat ini sebagian besar varian Omicron, semoga lebih ringan dibanding varian Delta. Gejala varian ini tidak terlalu berat, jarang ditemukan kasus dengan pneumonia berat dan angka kematian rendah. (pemkotmgl)

Siaran Pers No: 481.5/15/2/133/2022

SMAN 1 Sukses Gelar Pameran Edukasi Magelang 2023

SMAN 1 Sukses Gelar Pameran Edukasi Magelang 2023

KOTA MAGELANG - SMA Negeri 1 Kota Magelang menggelar Pameran Edukasi Magelang (PEM) 2023 di Gedung Tri Bhakti Kota Magelang. Pameran ini berisi puluhan tenant yang memberikan informasi seputar perguruan tinggi (PT). Kepala SMAN 1 Kota Magelang Etty Syariah menjelaskan...

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *