Hari Sepeda Sedunia, Karyawan Pemkot Magelang Akan Bersepeda dari Rumah ke Kantor

2 Juni 2021

Comments

KOTA MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang menginstruksikan seluruh karyawan/wati bersepeda menuju tempat kerja (bike to work/B2W) tepat pada Hari Sepeda Dunia (world bicycle day), Kamis (3/6/2021). Instruksi ini telah dituangkan dalam surat edaran (SE) bernomor 426.13/162/133/2021 yang ditandatangani Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono tertanggal 1 Juni 2021.

Selain kepada karyawan/wati di lingkungan Pemkot, kegiatan ini juga ditujukan kepada karyawan/wati BUMD dan seluruh sekolah dibawah kewenangan Pemkot Magelang.

Sekda Kota Magelang Joko Budiyono menjelaskan, adanya SE ini guna menggiatkan dan memasyarakatkan bersepeda, khususnya di lingkup aparatur sipil negara (ASN).

“Kebetulan bertepatan dengan peringatan Hari Sepeda Sedunia. Kami ingin turut memperingati itu dengan bersepeda dari kediaman ke kantor masing-masing,” ujarnya, Rabu (2/6/2021).

Dikatakan Joko, tidak ada seremonial dalam kegiatan tersebut. Pihaknya hanya meminta pada momen itu karyawan/wati bersepeda dari rumah masing-masing dengan syarat mereka bertempat tinggal di dalam wilayah Kota Magelang, dalam kondisi sehat dan bisa dilakukan sendiri maupun berkelompok.

“Rencana Pak Wali Kota juga akan bersepeda dari rumah dinas di Jalan Cempaka ke kantor di Jalan Sarwo Edhi Wibowo. Kami harap SE bisa dipatuhi, sehingga di momen itu kita semua bisa bersepeda,” katanya.

Menariknya, peserta bisa mendapatkan hadiah menarik dengan syarat mengunggah foto-foto saat bersepeda di spot-spot ikonik di Kota Magelang. Foto yang diunggah wajib menandai (tag) akun instagram @humaspemkotmagelang.

Adanya SE ini disambut baik para pegiat Gerakan MagelangBIKE yang juga siap memperingati Hari Sepeda Sedunia itu dengan bersepeda ke tempat kerja. Bahkan, mendapat respon positif pula dari komunitas tersebut.

“Ketua B2W Indonesia, Putut Soedaryanto sangat mengapresiasi SE B2W di Kota Magelang ini. Beliau menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas inisiatif Pemkot untuk mengajak masyarakat luas memperingati Hari Sepeda Sedunia ini,” ungkap Siska Sri Yoga, pegiat Gerakan MagelangBIKE.

Yoga mengaku, seiring dengan respon positif dari B2W Indonesia ini, pihaknya juga menyambut baik edaran ini. Bahkan, pegiat di daerah lain turut merespon dengan mencoba untuk turut adaptasi di daerah masing-masing.

“Kami nilai SE ini kebijakan luar biasa, berskala lokal namun berdampak global. Kota Magelang bersama kota besar di dunia akan turut memperingati momen spesial itu. Sebuah kebijakan berdampak besar apalagai dilaksanakan secara terus menerus,” jelasnya.

Ia berharap, adanya SE ini menjadi momentum pembiasaan baru mengatasi perubahan iklim dan membangun kota yang beradab atas masalah masalah perkotaan, seperti polusi udara akibat penggunaan energi fosil kendaraan bermotor. Juga membangun budaya sehat bagi warganya. (pemkotmgl)

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

Kota Magelang Belajar Toleransi ke Kota Singkawang

KOTA SINGKAWANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang belajar tentang toleransi dan kerukunan antar-umat beragama di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Senin (30/1/2023). Kota Singkawang dipilih menjadi daerah tujuan karena kota ini dinobatkan sebagai Kota Toleran...

Related Posts

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *