MERIAHKAN KARNAVAL PEMBANGUNAN, WALIKOTA MAGELANG PERANKAN KOLONEL SARBINI

  • Admin
  • 2018-08-25
  • 1058 Views

Magelang -  Karnaval pembangunan Kota Magelang tahun ini berlangsung sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumya. Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, turun langsung dan ikut memeriahkan karnaval dengan tampil pada fragmen perjuangan di Kampung Tulung, Kota Magelang.
Sigit berkesempatan memerankan Kolonel Sarbini, sedangkan Komandan Kodim 0705/Magelang, Letkol Kukuh Dwi Antono berperan sebagai Mayor Ahmad Yani.
Kisah tersebut berawal dari kejadian dimana warga Kota Magelang diserang oleh Jepang yang menjajah waktu itu dan mengakibatkan puluhan warga meninggal dunia. 
Dengan adanya kejadian tersebut Mayor Ahmad Yani melaporkannya kepada Kolonel Sarbini, dan dilakukanlah penyerangan balasan yang dilakukan oleh tentara Indonesia kepada tentara Jepang dan dimenangkan oleh tentara Indonesia.
Walikota Magelang Sigit Widyonindito pun mengaku senang bisa ikut serta dalam memeriahkan karnaval tersebut. 
"Sepintas saya ikut tadi. Ternyata perjuangan dulu itu berat maka kita harus menghargainya," ujar Sigit usai menghadiri acara karnaval pembangunan di Alun-alun Magelang, Sabtu (25/8/2018).
Menurutnya, karnaval kali ini merupakan bagian dari upaya mengisi dan menghargai kemerdekaan Republik Indonesia yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu. 
"Ini merupakan upaya untuk menghormati pahlawan kusuma bangsa yang telah memerdekakan negara kita. Kita hadirkan para veteran juga," tuturnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Taufiq Nurbakin mengatakan, karnaval tahun ini terbatas hanya untuk mobil hias.
"Karena waktunya terbatas, karnaval kali ini hanya fokus pada mobil hias," terang Taufiq.
Kendati demikian menurutnya, karnaval yang biasanya disertai dengan seni dan budaya sudah ada wadahnya masing-masing. 
"Kalau seni, tari dan budaya kan sudah diwadahi sendiri-sendiri. Untuk karnaval seni dan budaya sudah diwadahi saat hari jadi Kota Magelang yaitu bulan April," jelasnya.
Dia menyebutkan, ada sebanyak 93 peserta yang terlibat dalam karnaval tahun ini. Terdiri dari 26 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), 35 Sekolah, 18 Kelurahan dan Kecamatan serta 14 peserta dari umum. 
"Dengan adanya karnaval pembangunan kali ini kami berharap, baik OPD, sekolah, kelurahan maupun yang lainnya dapat menunjukan prestasi serta hasil karya masing-masing," katanya. (humaspemkotmagelang)

Wali Kota Magelang…
Berita
2019-12-05
Bank Jateng Beri…
Berita
2019-12-04
Wali Kota Magelang…
Berita
2019-12-03
Belum Sebulan, Kota…
Berita
2019-11-30
Pengemudi Ojol Kota…
Berita
2019-12-02
PPDB TK-SD-SMP Di…
Berita
2019-04-22
Pertamina Tukar Gas…
Berita
2018-09-26
Pemkot Magelang Cari…
Berita
2018-08-06
Aplikasi Si Bahenol…
Berita
2018-08-18