DINSOS KOTA MAGELANG BERENCANA BENTUK WKSBM SETIAP TAHUN

  • Admin
  • 2018-08-13
  • 601 Views

Magelang - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang berencana membentuk Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) setiap tahun. Tahun 2018 ini, targetnya dibentuk 3 WKSBM di tiga kelurahan.
‘’Ke depan, setiap tahun akan dibentuk WKSBM secara bertahap di semua kelurahan di Kota Magelang,’’ kata Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial, Endras Riskiarto, dalam pertemuan pembentukan WKBSM di Kelurahan Jurangombo Selatan, Senin (13/8).
Dia menerangkan, kegiatan ini merupakan program kegiatan Dinsos dalam menumbuhkembangkan peran serta aktif masyarakat,  dan upaya pemberdayaan sosial melalui WKSBM.
"Pemberdayaan sosial seperti itu merupakan wujud kepedulian Pemkot Magelang dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat bawah," katanya.
Sesuai dengan Keputusan Menteri Sosial Nomor 42/HUK/2004 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemberdayaan WKSBM, WKSBM merupakan sistem kerjasama antar keperangkatan pelayanan sosial di  akar rumput yang terdiri atas  usaha kelompok, lembaga maupun jaringan pendukungnya.
"Keperangkatan pelayanan sosial berupa kelompok masyarakat atau lembaga sosial lokal di akar rumput di wilayah RT/ RW/  kampung / desa/ nagari / banjar baik yang bersifat alamiah, tradisional maupun yang sengaja dibentuk," terangnya.
Penyuluh Sosial Muda Dinsos, Dwi Ambar Pratiknyo menambahkan, tujuan WKSBM antara lain meningkatnya peran serta masyarakat dalam usaha kesejahteraan sosial, meningkatnya kepedulian dan kesetiakawanan sosial, terciptanya kelembagaan usaha kesejahteraan sosial berbasis inisiasi lokal, meningkatnya ketahanan sosial masyarakat dan tumbuhnya jaringan kerja dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial.
"Ruang lingkup kegiatan WKSBM meliputi pertemuan-pertemuan rutin maupun insidental dengan jaringan kerjasama, mendukung penyelenggaran penghimpunan dana sosial bagi usaha kesejahteraan sosial yang dilakukan oleh masyarakat. Seperti dana kematian, jimpitan beras, arisan dan berbagai gerakan sosial positif lainnya, menyelesaikan berbagai masalah sosial yang tumbuh di lingkungan masayarakat," urainya.
Selanjutnya, mengembangkan nilai-nilai seperti kegotongroyongan, kebersamaan, kekeluargaan, kesetiakawanan sosial, kerukunan dan menghargai perbedaan di lingkungan masyarakat, mendukung dan memperkuat anggota jaringan kerjasama dalam penyelenggaraan usaha kesjahteraan sosial.
‘’WKSBM yang dibentuk dapat berjalan dengan baik apabila pengelolaannya dilakukan secara sistematis yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian secara partisipasif yang digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan WKSBM,’’ ujarnya.

Disdukcapil Punya "Si…
Berita
2020-01-27
Kota Magelang Tuan…
Berita
2020-01-25
Kaum Disabilitas Berbagi…
Berita
2020-01-24
Dua Motor Diangkut…
Berita
2020-01-24
Umat Kristiani Kota…
Berita
2020-01-22
PPDB TK-SD-SMP Di…
Berita
2019-04-22
Pemkot Magelang Cari…
Berita
2018-08-06
Pertamina Tukar Gas…
Berita
2018-09-26
Aplikasi Si Bahenol…
Berita
2018-08-18