ALUN-ALUN KOTA MAGELANG AKAN DITAMBAH TAMAN BERMAIN ANAK

  • Admin
  • 2019-11-30
  • 160 Views

MAGELANG – Alun-alun Kota Magelang akan semakin lengkap dengan penambahan fasilitas publik berupa arena bermain anak-anak (playground) di pojok timur bagian utara. Proses pembangunan sudah dimulai 29 Oktober 2019 dan ditenggat selesai pada 27 Desember mendatang.

Kepala Seksi Pertamanan dan PJU Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang, Teguh Ariyanto, mengatakan anak-anak nantinya bebas bermain di playground ini. Fasilitas ini semakin menegaskan bahwa Kota Magelang memang Kota Layak Anak. 

“Sesuai keinginan Pak Wali, ruang terbuka hijau (RTH) kita ada tempat bermainnya untuk anak-anak. Maka, kita pilih alun-alun, karena paling memungkinkan dibangun playground,” ujarnya di kantornya, belum lama ini.

Dia menuturkan, fasilitas bermain ini dibangun oleh CV Nisa Karya Persada dengan nilai kontrak Rp 322.750.000. Arena bermain berbentuk lingkaran berdiameter 10 meter dengan diisi permainan berupa seluncuran spiral, seluncuran bergelombang, terowongan, dan tangga.

Dijelaskan, rencana awal ada tiga lingkaran dengan arena lebih luas. Tapi, karena keterbatasan dana, sementara dibuat yang berdiamter 10 meter dulu. 

"Ke depan akan kita realisasikan yang dua lingkaran lain berukuran lebih kecil sebagai tempat bermain berupa kolam pasir,” katanya.

Bahan dari alat permainan ini aman untuk anak-anak dan bersertifikat SNI (Standard Nasional Indonesia). Untuk lantai dibuat dari rubber mat atau karpet berbahan karet yang tebal dan kuat sehingga aman untuk anak-anak. 

"Termasuk lantainya empuk, jadi kalau anak-anak jatuh ke lantai tidak terluka parah. Karena untuk anak-anak, maka semuanya harus benar-benar aman untuk mereka,” jelasnya.

Dia menyebutkan, playground yang sedang dibuat di alun-alun ini dianggap sebagai yang pertama di area RTH. Tempat lainnya seperti Taman Badaan berbeda dan ke depan tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan di tempat lainnya.

“Permainan seperti di pusat-pusat perbelanjaan ini baru pertama ada di alun-alun. Maka, kami yakin anak-anak akan menyambutnya dengan gembira. Ke depan, rencana kita kembangkan di Taman Patung A Yani, tapi barangkali dengan konsep berbeda, seperti arena outbond,” jelasnya. 


 

Kota Magelang Tuan…
Berita
2020-01-25
Kaum Disabilitas Berbagi…
Berita
2020-01-24
Dua Motor Diangkut…
Berita
2020-01-24
Umat Kristiani Kota…
Berita
2020-01-22
Terpilih Aklamasi, Joko…
Berita
2020-01-21
PPDB TK-SD-SMP Di…
Berita
2019-04-22
Pemkot Magelang Cari…
Berita
2018-08-06
Pertamina Tukar Gas…
Berita
2018-09-26
Aplikasi Si Bahenol…
Berita
2018-08-18