PULUHAN PEMUDA TERJUN BERSIHKAN SAMPAH KALI BENING DI SEKITAR GOR SAMAPTA

  • Admin
  • 2019-10-24
  • 141 Views

MAGELANG – Tak kurang 50 pemuda terjun ke Kali Bening di area GOR Samapta dan Jalan Tentara Genie Pelajar, Kota Magelang. Mereka sukarela membersihkan aneka sampah di kali tersebut. Mereka terlihat semangat meski hanya menggunakan alat sederhana.

Para pemuda itu berasal dari beberapa perkumpulan, seperti Komunitas Kali Bersih Magelang, Mapala Perguruan Tinggi Aka Tirta, Purna Paskibraka Kota Magelang, Komunitas Mural Magelang, dan perwakilan warga sekitarnta.

“Aksi ini wujud pelibatan pemuda dalam mewujudkan Kota Magelang yang maju dalam pembangunan lingkungan sosial. Kami ingin bergerak dari lingkungan terdekat, yakni GOR Samapta, karena sebagai salah satu area publik yang bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat,” ujar Kepala UPT Pengelolaan Sport Center Kota Magelang, Bayu, akhir pekan lalu.

Dijelaskan Bayu, kegiatan bakti sosial ini diinisiasi oleh UPT di bawah naungan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar). Kebersihan lingkungan, khususnya sungai/kali memang patut diperhatikan. Banyak warga yang masih membuang sampah di Kali, terutama sampah plastik, dan sampah rumah tangga lainnya.

Bayu menyatakan ke depan tidak hanya aksi bersih-bersih kali saja, tapi pihaknya juga sudah menyiapkan program kegiatan lain dalam rangka mempercantik area GOR Samapta. Termasuk area Stadion Moch Soebroto yang masih dalam satu kawasan Sport Center Sanden.

“Rencana, teman-teman dari komunitas mural akan menuangkan kreativitasnya di area GOR, seperti pagar berbentuk tulisan GOR Samapta yang akan dilukis. Lalu pengecatan kembali di area-area yang sudah kusam. Hal ini agar area GOR semakin menarik,” jelasnya.

UPT Pengelolaan Sport Center sendiri, kata Bayu, baru terbentuk di bawah naungan Disporapar Kota Magelang. Lahirnya UPT ini tak lepas dari keberadaan Sport Center yang ke depan semakin sentral dalam segala aktivitas olahraga.

“Kami ingin area Sport Center ini makin ramai ke depannya oleh aneka aktivitas olahraga. Termasuk aktivitas berbagai komunitas tak hanya olahraga, tapi juga lainnya, seperti pecinta hewan, tanaman, otomotif, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Dia menambahkan, adanya aktivitas Car Free Day (CFD) dan Sunday Morning (Sunmor) setiap hari Minggu pagi sudah menunjukan kalau area Sport Center bisa menjadi salah satu pusat keramaian di wilayah Kecamatan Magelang Utara.

“Tentu kita sangat terbantu dengan kegiatan tersebut, karena masyarakat makin mengenal Sport Center. Ke depan akan terus kita kembangkan, sehingga keberadaan Sport Center benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya. (hms)

ASN Korpri Kota…
Berita
2019-11-20
Raih Opini WTP,…
Berita
2019-11-20
Sigit Tawarkan Investasi…
Berita
2019-11-19
Kota Magelang Borong…
Berita
2019-11-18
Sekda Kota Magelang:…
Berita
2019-11-17
PPDB TK-SD-SMP Di…
Berita
2019-04-22
Pertamina Tukar Gas…
Berita
2018-09-26
Pemkot Magelang Cari…
Berita
2018-08-06
Aplikasi Si Bahenol…
Berita
2018-08-18