JANGAN TUNGGU VIRAL, WAWALI KOTA MAGELANG MINTA ADMIN PENGADUAN MASYARAKAT SENSITIF

  • Admin
  • 2019-10-15
  • 130 Views

MAGELANG - Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, meminta kepada admin atau pengelola pengaduan masyarakat agar lebih sensitif terhadap perkembangan media sosial. Sebab seiring perkembangan zaman, masyarakat sangat mudah mengakses dan memanfaatkan teknologi informasi untuk menyampaikan sesuatu terutama tentang kebijakan yang tidak sesuai di lapangan.

"Admin atau pengelola pengaduan masyarakat harus sensitif terhadap perkembangan media sosial, jangan sampai menungu viral baru ditindaklanjuti. Tapi bagaimana mengatasi sebelum viral," ujar Windarti, saat membuka Bimbingan Teknis Mekanisme dan Peningkatan Kualitas Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, di Aula Adipura Kencana Kota Magelang, Selasa (15/10/2019).

Menurut Windarti, pengaduan masyarakat berfungsi sebagai kontrol atau pengawasan terhadap penyelenggara pelayanan publik. Karena masyarakat termasuk dari 3 unsur ekstrenal yang diatur dalam undang-undang nomor 25 tahun 2006 tentang pelayanan publik.

"Pengaduan masyarakat tidak selalu menjadi sesuatu yang buruk/negatif, justru ini bentuk feedback yang dapat dilakukan masyarakat sebagai pengguna layanan dan sangat bermanfaat. Ini untuk mengevalusi penerapan kebijakan publik hingga penyerapan anggaran," paparnya.

Windarti pun berharap seluruh admin, pengelola dan pejabat penghubung OPD agar lebih aktif dan responsif terhadap pengaduan masyarakat demi meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Sementara itu, pada kegiatan bimbingan teknis tersebut diikuti oleh 36 peserta, meliputi 12 pemerintah kabupaten/kota, 12 Polres dan 12 Kantor Pertanahan kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Tengah, Siti Farida, menjelaskan para peserta dari tiga instansi tersebut karena sejauh ini mereka adalah instansi yang paling sering dilaporkan masyarakat ke ombudsman. Tiga instansi tersebut dinilai paling populer di masyarakat.

"Dilaporkan ke ombudsman bukan berarti memiliki citra negatif, justru paling populer, artinya yang paling banyak melayani masyarakat. Ombudsman juga bergerak melakukan pencegahan serta memiliki komitmen untuk bersama meningkatkan kualitas pelayanan publik," katanya. (hms)

Panen Ubinan Padi…
Berita
2019-11-22
Cantiknya Bunga Tabebuya…
Berita
2019-11-22
2.000 Pemuda Hadiri…
Berita
2019-11-21
ASN Korpri Kota…
Berita
2019-11-20
Raih Opini WTP,…
Berita
2019-11-20
PPDB TK-SD-SMP Di…
Berita
2019-04-22
Pertamina Tukar Gas…
Berita
2018-09-26
Pemkot Magelang Cari…
Berita
2018-08-06
Aplikasi Si Bahenol…
Berita
2018-08-18