HUMAS PEMERINTAH HARUS RESPONSIF MENARIK DAN MENGUASAI TEKNOLOGI

  • Admin
  • 2019-09-10
  • 216 Views

Dalam era keterbukaan informasi sekarang ini, petugas humas pemerintah  harus responsif, punya kemampuan komunikasi yang baik, serta mampu menguasai teknologi informasi. Jika humas tidak responsif dan gagap teknologi, citra positif lembaga yang diwakilinya tidak terbangun.

Hal itu disampaikan Eko Suseno, praktisi dan konsultan Public Relation (PR) dalam kegiatan Bakohumas yang diikuti puluhan Kontributor Bokohumas di lingkungan OPD Pemerintah Kota Magelang, bertempat di Aula Adipura Kencana, Senin (9/9).

“Di era serba digital ini, manjadi tuntutan humas harus berinovasi, dan cepat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi. Tak kalah penting, penampilan harus mendukung, serta cakap dalam berkomuniaksi dengan semua elemen, intinya mudah menyesuaikan,” Kata Eko yang juga dosen Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga ini.

Lebih lanjut ia menyampaikan pentingnya peran humas dalam mendukung berjalannya pemerintahan. Menurutnya, di era disrupsi seperti sekarang peran humas sangat vital sebagai penyampai informasi kepada masyarakat luas.

“Humas juga berperan sebagai juru bicara pemerintah, harus mampu menguasai materi dalam segala hal. Apalagi saat ini informasi mudah viral, dengan tuntutan masyarakat yang butuh info cepat dan akurat, humas wajib punya data yang valid agar masyarakat mendapat pencerahan dan tidak mudah termakan hoax,” ujarnya,

Sementara itu, pembicara lainnya, Asmono Wikan CEO Majalah PR Indonesia, menekankan pentingnya kompetensi menulis kretaif bagi humas, sehingga berita yang disampaikan humas dapat menarik untuk dibaca.

“Setiap orang bisa menulis, tapi menulis yang baik dan menarik untuk dibaca itu yang jarang, karenanya humas harus mempunyai kompetensi ini, sehingga berita yang ditulis humas dapat menarik untuk dibaca.” Ucapnya.

Wikan juga menyampaikan pentingnya penggunaan TIK dan media sosial sebagai alat bantu humas dalam menjalankan tugasnya melayani masyarakat. Menurutnya setiap humas harus memanfaatkan media sosial sehingga akan lebih mudah dan cepat dalam menjalankan tugasnya.

Asisten Administrasi Sekda Kota Magelang Taufik Nurbaqin, saat membuka kegiatan ini  meminta agar para kontributor selalu menyampaikan info terkini dan bermanfaat. Menurutnya, sudah bukan zamannya lagi pelit akan informasi, justru di era keterbukaan informasi publik, pemerintah wajib memberikan info yang dibutuhkan masyarakat.

Ia mengemukakaan, saat ini pemerintah sangat terbuka terhadap kritik dan saran dari masyarakat, selain itu juga terus berupaya menyampaikan informasi yang layak dipublikasikan kepada masyarakat.

“kami sangat terbuka terhadap kritik dan saran dari masyarakat. Kewajiban kami tentu memberi informasi yang benar dan layak dipublikasikan.” Katanya.

Kegiatan Bakohumas rutin dilaksanakan oleh Bagian Humas Setda Kota Magelang dalam rangka mempermudah koordinasi antar kontributor, dan juga memberikan tambahan pengetahuan kehumasan di lingkup OPD,  BUMD serta instansi vertikal di Kota Magelang. (Humas Pemkot Magelang)

Sigit Tawarkan Investasi…
Berita
2019-11-19
Kota Magelang Borong…
Berita
2019-11-18
Sekda Kota Magelang:…
Berita
2019-11-17
Kontes Kucing Magelang…
Berita
2019-11-17
Ibu-ibu Dharma Wanita…
Berita
2019-11-15
PPDB TK-SD-SMP Di…
Berita
2019-04-22
Pertamina Tukar Gas…
Berita
2018-09-26
Pemkot Magelang Cari…
Berita
2018-08-06
Aplikasi Si Bahenol…
Berita
2018-08-18