JELANG IDUL ADHA, DISPERPA KOTA MAGELANG GELAR PELATIHAN KESMAVET

  • Admin
  • 2019-07-30
  • 185 Views

MAGELANG – Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang menggelar kegiatan pelatihan kader kesehatan masyarakat veteriner (kesmavet) di ruang aula kantor setempat, Selasa (30/7/2019). Pelatihan ini merupakan persiapan menghadapi masa penyembelihan hewan pada Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019.

Peserta pelatihan berjumlah 35 orang terdiri dari pengurus takmir masjid perwakilan 17 kelurahan di Kota Magelang, SMP dan SMA se-Kota Magelang. 

Kepala Disperpa Kota Magelang Eri Widyo Saptoko, menyatakan Disperpa memiliki kewajiban untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat selama masa penyelenggaraan penyembelihan hewan qurban. Oleh karena itu, pihaknya perlu memberikan edukasi bagi masyarakat.

"Pelatihan ini penting dalam rangka menjamin hewan qurban Aman, Sehat, Utuh, Halal (ASUH) saat hendak dipotong dan tidak mengandung penyakit menular serta bersifat zoonosis. Sehingga memberikan rasa aman kepada masyarakat di Kota Magelang," jelas Eri, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Disperpa, Susmiyati.

Eri mengungkapkan, Hari Raya Idul Adha tahun ini lazimnya disertai dengan banyaknya pemotongan hewan qurban di lingkungan masyarakat Kota Magelang. Hal ini berdampak pada banyaknya keluar-masuk hewan ternak yang diperdagangkan dari luar daerah. Prosesnya melalui depo ternak hewan qurban atau peternak yang membeli untuk dibesarkan sementara. 

“Mereka ini hanya bisnis untuk meraup keuntungan, yang tentunya kurang memperhatikan kondisi kesehatan dan stamina ternak yang akan diperjualbelikan,”ungkapnya.

Disebutkan, ada empat narasumber yang memberikan materi dalam pelatihan ini. Mereka adalah Heru Trisusila (Kepala UPT Puskeswan Kota Magelang) dengan materi penyakit zoonosis pada hewan qurban. Penyakit ini meliputi anthrax, botulismus, brucellosis, tuberkulosis, leptospirosis, penyakit mulut dan muku, rabies, ORF (Berengen), sistiserkosis dan taeniasis, toksoplasmosis dan fasciolosis.

Lalu, Taufik Husen Ansori (Kantor Kementerian Agama Kota Magelang), dengan materi penyembelihan hewan qurban sesuai Syariat Islam. Syarat penyembelihan sesuai Islam antara lain hewan qurban harus cukup umur, sehat dan tidak cacat dengan waktu penyembelihan dimulai masuknya waktu sholat Idul Adha dan berakhir pada Maghrib akhir hari Tasyriq (tanggal 13 Dzulhijjah). 

“Ketika Menyembelih Kurban disunahkan 5 perkara yaitu Membaca Basmalah,  Membaca Sholawat Nabi,  Menghadap Qiblat (Baik orang yang menyembelih maupun hewan qurbannya), Membaca Takbir 3 kali dan Membaca do’a," jelas Taufik.

Pemateri selanjutnya adalah Diana Widiastuti (Kepala UPT RPH Kota Magelang) dengan materi Kesehatan Daging Qurban. Daging yang sehat, menurut Diana, adalah daging ASUH dan terjamin kualitasnya jika dikonsumsi oleh manusia. Untuk mendapatkan daging tersebut perlu dilakukan pemeriksaan postmortem atau pemeriksaan setelah pemotongan yaitu pada jeroan/visera (organ dalam rongga dada & perut) dan karkas.

“Tujuan pemeriksaan post mortum untuk meneguhkan diagnosa antemortem, mendeteksi dan mengeliminasi kelainan-kelainan pada daging agar daging tersebut aman dan layak dikonsumsi, menjamin pemotongan yang baik, benar, halal dan higienis serta memeriksa kualitas daging,” katanya.

Terakhir narasumber Arif Febriyanto (Medik Veteriner Puskeswan Kota Magelang) dengan materi Model perebahan Sapi dan Praktek Pemeriksaan Organ Dalam. Arif menerangkan beberapa model perebahan sapi dengan metode Burley secara mudah, cepat, tidak butuh banyak orang dan tidak menyakiti hewan qurban yang akan dipotong. 

Pada kesempatan itu dilakukan praktek pemeriksaan organ dalam ternak baik pada hati sapi, paru, limpa, jantung dan ginjal. Seluruh peserta tampak sangat antusias dan responsif terhadap jalannya kegiatan pelatihan. (hms) 

Panen Ubinan Padi…
Berita
2019-11-22
Cantiknya Bunga Tabebuya…
Berita
2019-11-22
2.000 Pemuda Hadiri…
Berita
2019-11-21
ASN Korpri Kota…
Berita
2019-11-20
Raih Opini WTP,…
Berita
2019-11-20
PPDB TK-SD-SMP Di…
Berita
2019-04-22
Pertamina Tukar Gas…
Berita
2018-09-26
Pemkot Magelang Cari…
Berita
2018-08-06
Aplikasi Si Bahenol…
Berita
2018-08-18