RUSUN MUSVIA, TAMBAH DAFTAR RUSUNAWA DI KOTA MAGELANG

  • Admin
  • 2019-06-11
  • 194 Views

MAGELANG – Rumah Susun (Rusun) Musvia mulai akan dibangun di kompleks Mako 1 Polres Magelang Kota di Jalan Alun-alun Selatan Kota Magelang. Pembangunan dimulai dengan pelatakan batu pertama oleh Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi, Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina dan Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, serta 
Kajari Kota Magelang Wawan Ernawan, Selasa (11/6/2019).

Kapolres Magelang Kota, AKBP Idham Mahdi, menjelaskan rusun akan dibangun setinggi tiga lantai, terdiri dari 60 unit yang dilengkapi dengan beberapa mebeler. Total anggaran pembangunan sekitar Rp 23 miliar yang diambil dari APBN Mabes Polri.

"Rencana pembangunan rusun ini sudah sejak 2018 lalu, baru terealisasi tahun ini. Anggaran yang dibutuhkan tersebut antara lain untuk biaya konsultan perencanaan, konsultan pengawasan, konstruksi, hingga mebeler," jelas Idham, disela-sela kegiatan.

Adapun lokasi pembangunan rusun ini semula adalah asrama dengan bangunan sudah cukup tua. Tanah yang ditempati awalnya milik Pemkot Magelang yang kemudian dihibahkan kepada Polres Magelang Kota pada tahun 2015. Setelah aset tanah disertifikasi, pihkanya mengajukan pembangunan rusun ke Mabes Polri.

"Sebelum dibangun rusun, awalnya asrama anggota Polri yang dihuni 80 KK. Rencananya pembangunan rusun akan selesai hingga akhir tahun 2019 ini. Kami akan seleksi anggota Polri yang nantinya akan menempati, tapi anggota sebelumnya akan mendapat prioritas," paparnya.

Pihaknya tetap mempertahankan nama Musvia sebagai nama rusun karena memiliki nilai sejarah penting. Sejarah awal, kompleks ini merupakan tempat pendidikan aparatur pemerintah setempat dengan nama Musvia atau dalam Bahasa Belanda Mosvia (Middlebare Opleiding School Voor Inlandsche Ambtenaren).

"Saat kami bongkar, ternyata bangunannya masih cukup kokoh. Pemborong pun sempat kerepotan membongkarnya. Kami ingin pertahankan nilai sejarah itu dengan tetap memakai nama Musvia,” jelasnya.

Sementara itu,  Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, mengapresiasi Polres Magelang Kota yang membangun Rusun Musvia ini. Kehadiran rusun ini nanti makin menambah jumlah rusun yang berdiri di Kota Magelang setelah Rusunawa Potrobangsan, Tidar, dan Wates serta Rusus. 

Ia berharap, Rusun Musvia bisa menjadi sarana peningkatan kinerja anggota Polri dalam memberi kenyamanan kepada masyarakat.  “Kalau tempat tinggalnya sudah nyaman, maka pelayanan kepada masyarakat pun harus tambah prima,” imbuhnya. (hms)

Bayar Pajak Tercepat…
Berita
2019-11-10
Kontes Kelinci Magelang…
Berita
2019-11-09
Lapangan Tenis "Moncer…
Berita
2019-11-09
Kepala BKKBN Bina…
Berita
2019-11-08
PPDB TK-SD-SMP Di…
Berita
2019-04-22
Pertamina Tukar Gas…
Berita
2018-09-26
Pemkot Magelang Cari…
Berita
2018-08-06
Aplikasi Si Bahenol…
Berita
2018-08-18