RIBUAN SISWA KOTA MAGELANG IKUTI PAWAI TARHIB RAMADHAN 1440 HIJRIAH

  • Admin
  • 2019-05-05
  • 238 Views

MAGELANG – Sekitar 12.000 siswa mulai tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga SMA/SMK di Kota Magelang mengikuti pawai tarhib untuk menyambut bulan Ramadhan 1440 Hijriah/2019. Semua peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan rutin tahunan ini sembari membawa aneka poster.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Taufiq Nurbakin, menuturkan Tarhib Ramadhan tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya diikuti  7000 peserta. 

Kegiatan ini bertujuan  untuk mesyiarkan dan menggaungkan bulan suci Ramadhan bagi anak-anak usia dini. Selain itu,kegiatan tersebut sebagai media silaturahmi antarpeserta dan peserta didik dari  berbagai kelompok dan jenjang pendidikan.

"Pawai Tarhib ini juga untuk menyatukan persepsi dari berbagai kelompok organisasi dalam menyambut bulan yang suci ini," jelas Taufik, disela-sela kegiatan, Minggu (5/5/2019).

Dijelaskan, beberapa tahun lalu, kegiatan semacam ini dilakukan oleh masing-masing  kelompok organisasi dan yayasan sekolah, dan untuk itu Pemkot Magelang melalui Disdikbud dan Kementerian Agama (Kemenag) menggelar pawai bersamaan.

"Melalui kegiatan ini kami ingin melatih putra putri kita agar meningkatkan keimanan dan ketakwaan mereka terhadap Tuhan Yang Maha Esa," katanya.

Ini selaras dengan visi Pemerintah Kota Magelang memiliki visi sebagai kota jasa yang modern dan cerdas dilandasi masyarakat sejahtera dan religius.

Walikota Magelang Sigit Widyonindito dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Kota Magelang Joko Budiyono mengatakan, Pemkot Magelang  mendukung  secara penuh kegiatan keagamaan yang ada di Kota Magelang termasuk  pawai tarhib

Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan sangat mulia yakni menyiapkan anak menjadi generasi muda yang maju, cerdas, soleh. "Dan kegiatan ini merupakan nafas, semangat saya untuk mewujudkan visi Kota Magelang sebagai kota modern dilandasi masyarakat yang sejahtera dan religius,” paparnya.

Dengan generasi yang maju dan cerdas serta soleh, akan bermanfaat bagi diri sendiri, nusa bangsa, dan agama.
 
Adapun rute yang ditempuh para siswa pada pawai tarhib  tersebut berbeda-beda. Untuk para siswa TK  setelah dimulai dari  Jalan A Yani di sebelah timur Alun-alun Kota Magelang langsung menuju Jalan Alun-alun Selatan dan mengelilingi alun-alun setempat.

Sementara untuk siswa  yang sekolahnya berada di wilayah Magelang Selatan, rutenya dari alun-alun timur, Jalan Pemuda, Jalan Tidar dan berakhir di Kompleks Kampus I Universitas Muhammadiyah Magelang.
Selain itu, sebagian siswa yang sekolahnya berada di wilayah Magelang Utara, selepas dari alun-alun Timur menuju Jalan Alun-alun Selatan, kemudian Jalan Yos Sudarso, Jalan Veteran , Jalan Pahlawan dan berakhir di masing- masing sekolahnya. (hms)
 

ASN Korpri Kota…
Berita
2019-11-20
Raih Opini WTP,…
Berita
2019-11-20
Sigit Tawarkan Investasi…
Berita
2019-11-19
Kota Magelang Borong…
Berita
2019-11-18
Sekda Kota Magelang:…
Berita
2019-11-17
PPDB TK-SD-SMP Di…
Berita
2019-04-22
Pertamina Tukar Gas…
Berita
2018-09-26
Pemkot Magelang Cari…
Berita
2018-08-06
Aplikasi Si Bahenol…
Berita
2018-08-18