PN KOTA MAGELANG CANANGKAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

  • Admin
  • 2019-02-27
  • 248 Views

MAGELANG - Pengadilan Negeri (PN) Kota Magelang mencanangkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) di wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM). 

Pencanangan itu ditandai dengan penandatanganan yang disaksikan langsung oleh Walikota Magelang Sigit Widyonindito, jajaran PN Magelang, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Magelang, di Ruang Aula PN setempat, Rabu (27/2/2019).

Menurut Ketua PN Magelang, Muhammad Djohan Arifin, pencanangan pembangunan zona integritas WBK WBBM bertujuan untuk meningkatkan pelayanan, serta menerapkan pelayanan yang lebih terbuka. 

"Pelayanan mulai sekarang sudah satu pintu dan kami semua harus mengoptimalkannya. Sekarang layanan tidak boleh ada di ruangan, tapi harus di tempat terbuka, secara transparan, dan bebas kolusi," kata Djohan.

Dijelaskan, hal yang menjadi fokus pelayananannya adalah layanan birokrasi yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Ini menjadi tindak lanjut setelah pencanangan digelar tahun lalu. 

"Tahun lalu pencanangan sekarang waktunya kita actions. Soal layanan saya tidak main-main, sudah ada SMS center, kalau masyarakat komplain bisa langsung ditindaklanjuti. Lalu, untuk petugasnya, bisa saja dikenai sanksi sesuai tingkat kesalahannya," ucapnya.

Ia menyebutkan, pencanangan zona integritas menuju WBK ini merupakan formula dalam rangka mengubah enam aspek meliputi, manajemen perubahan penataan dan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia (SDM), dan penguatan akuntabilitas kinerja.

"Kemudian penguatan pengawasan dan penguatan kualitas layanan publik. Zona integritas di PN ini sekaligus menjadi pernyataan bahwa PN komitmen menghindari kecurangan, berusaha optimal untuk memberi layanan bersih," tandasnya.

Menurut Djohan hal terbaik dalam menjaga integritas harus dimulai dari diri sendiri. Termasuk di lembaga peradilan, kata dia, yang terpenting adalah kejujuran dari para pengadil.

"Kita sudah terus tekankan bahwa hakim dilarang bertemu dengan para pihak. Kecuali, pertemuan itu tidak ada hubungan dengan persidangan, boleh-boleh saja. Ini sebagai langkah antisipatif, potensi kolusi," tandasnya.

Dia berharap setelah adanya pencanangan zona integritas ini, masyarakat tak menganggap bahwa PN adalah lembaga yang menakutkan. Sebaliknya, PN merupakan lembaga yang mengedepankan layanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Walikota Magelang, Sigit Widyonindito menjelaskan, tercapainya WBK dan WBBM menjadi bagian mewujudkan keberhasilan reformasi birokrasi, yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih bebas KKN, dan peningkatan layanan publik.

"Etika dan integritas jajaran birokrasi menjadi alat kontrol untuk mencegah penyalahgunaan wewenang, korupsi, dan sejenisnya. Kuncinya ada pada diri masing-masing, kalau kita merasa kerja itu ibadah, sering bersyukur, dan ikhlas, tentu akan terhindar dari upaya negatif semacam itu," katanya.

Kepada jajaran Pemkot Magelang, Sigit berkali-kali mengingatkan bahwa aparatur sipil negara (ASN) bukanlah pengusaha melainkan abdi masyarakat.

"Kalau mau kaya, ya jangan jadi PNS, jadi pengusaha saja. Karena kunci kebahagiaan itu kan berdasar dari hati kita sendiri. Kalau terus ikhlas dan bersyukur, hati tenang dan nyaman. Beda dengan hartanya banyak, mobilnya banyak, tapi dari hasil yang tidak baik, hatinya pasti gelisah, nggak tenang," tuturnya.

Dia berharap, dengan adanya pencanangan zona integritas yang dimulai dari PN Magelang ini, akan menginspirasi instansi vertikal dan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Magelang.

"Tujuannya adalah reformasi birokrasi peemrintah yang profesional dengan karakter adaptis, berintegritas, kinerja tinggi, bebas KKN, dan mampu melayani publik dengan baik," pungkasnya. 

Dukung Gerakan Literasi,…
Berita
2019-11-15
Filosofi Piala Wali…
Berita
2019-11-15
Wali Kota Magelang…
Berita
2019-11-14
Bulan Dana PMI…
Berita
2019-11-12
HKN 2019, Tenaga…
Berita
2019-11-12
PPDB TK-SD-SMP Di…
Berita
2019-04-22
Pertamina Tukar Gas…
Berita
2018-09-26
Pemkot Magelang Cari…
Berita
2018-08-06
Aplikasi Si Bahenol…
Berita
2018-08-18