FORUM LLAJ KOTA MAGELANG CANANGKAN PERUBAHAN ARUS LALU LINTAS

  • Admin
  • 2018-10-18
  • 289 Views

Magelang - Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Kota Magelang mencanangkan perubahan arus lalu lintas baru di Kota Magelang, Kamis (18/10). Pencanangan arus tersebut merupakan tindaklanjut dari meningkatnya volume kendaraan di sepanjang Jalan Pemuda (Pecinan) Kota Magelang.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang, Suryantoro, mengatakan, perubahan arus lalu lintas ini berlaku di sepanjang jalan Pajajaran, Jalan Tentara Pelajar (Bayeman), Jalan Jenggala, Jalan Tidar, Jalan Pajang, Jalan Pemuda.
"Perubahan arus lalu lintas ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan, terutama di sekitar persimbangan Tugu Adipura," kata Suryantoro.
Dia menjelaskan, sebelumnya, mobil dan sepeda motor dari arah Jalan Tentara Pelajar (Bayeman) belok kanan masuk ke Jalan Pajajaran bisa langsung ke Jalan Pemuda, sekarang dilarang masuk ke Jalan Pemuda. Kendaraan bisa masuk hingga perempatan Pasar Tukangan saja.
”Selanjutnya mobil harus belok kanan masuk Jalan Jenggala menuju Jalan Tidar yang berlaku satu arah untuk mobil,” katanya.
Sedangkan untuk sepeda motor, katanya, boleh belok kanan atau belok kiri masuk Jalan Jenggala menuju Jalan Pajang yang kini menjadi dua arah dari sebelumnya satu arah. Kendaraan roda empat pun kini bisa memasuki Jalan Jenggala menuju Jalan Pajang yang menjadi dua arah dari sebelumnya dilarang.
”Dengan dilarangnya kendaraan dari Jalan Pajajaran langsung ke Jalan Pemuda, maka kendaraan yang mau ke Jalan Pemuda dari Jalan Tentara Pelajar harus melewati Jalan Pajang. Jalan masuk ke Jalan Pemuda hanya bisa lewat Jalan Pajang atau memutar di alun-alun,” jelasnya.
Ia menyebutkan selama ini sering terjadi kemacetan di area persimpangan Tugu Adipura Jalan Pemuda, karena banyak kendaraan masuk ke jalan itu melalui Jalan Pajajaran. Khususnya di waktu pagi dan sore setiap harinya.
”Apalagi, jika bertepatan dengan lampu pengatur lalu lintas menyala merah, dipastikan antrean kendaraan bisa sepanjang 400 meter hingga depan Hotel Sumber Waras atau pertigaan Jalan Kalingga. Tentu kamaceta

n ini kerap membuat tidak nyaman pengguna jalan,” terangnya.
Kepala Bidang Lalu Lintas dan Perparkiran Dishub Kota Magelang, Candra Wijatmiko Adi menambahkan, dengan ditutupnya Jalan Pajajaran untuk akses masuk Jalan Pemuda, maka jalan keluar kendaraan dari Jalan Pemuda bertambah satu. Kalau sebelumnya melewati Jalan Sriwijaya, Jalan Kalingga, Jalan Daha, dan Jalan Tidar, nanti ditambah dengan Jalan Pajajaran.
”Aturan lama Jalan Pajajaran bisa untuk masuk, sekarang hanya bisa untuk keluar dari Jalan Pemuda," katanya. (hms)

20.676 Pelamar Ikut…
Berita
2020-01-28
Masyarakat Tionghoa Kota…
Berita
2020-01-28
Disdukcapil Punya "Si…
Berita
2020-01-27
Kota Magelang Tuan…
Berita
2020-01-25
Kaum Disabilitas Berbagi…
Berita
2020-01-24
PPDB TK-SD-SMP Di…
Berita
2019-04-22
Pemkot Magelang Cari…
Berita
2018-08-06
Pertamina Tukar Gas…
Berita
2018-09-26
Aplikasi Si Bahenol…
Berita
2018-08-18